Sedikit yang Sadar, Leher Knalpot Yamaha All New NMAX Buncit

05 Desember 2019 - Kategori Blog

All New Yamaha NMAX 155 telah resmi diluncurkan pada Senin kemarin (2/12/2019).

Memiliki bentuk kekinian atau istilahnya facelift, membuat motor ini ingin cepat-cepat dibeli penggemarnya. Tapi sadar gak sih ada bagian yang berubah tapi gak kelihatan. Di bagian knalpotnya, jika diperhatikan lebih teliti, leher knalpotnya sedikit lebih besar aka buncit.

Ternyata buncitnya buncitnya bukan tanpa alasan, ada fungsi teknis srndiri di leher knalpot All New Yamaha NMAX yang buncit tsb.

” Bagian yang lebih besar di leher knalpot itu berisi catalytic converter,” ucap M. Abidin selaku GM Aftersales& Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing( YIMM)

dilansir dari GridOto.

Catalytic converter memiliki fungsi

 

bagaikan penyaring gas buang sisa pembakaran supaya lebih ramah lingkungan.

Jadi, walaupun wujudnya agak sama dengan powerbomb maupun megabomb yang kerap ditemui di knalpot motor trail, gunanya beda.

Powerbomb di knalpot motor trail berperan untuk mengantisipasi tendangan balik dari gas buang.

Pelaksanaan powerbomb ataupun megabomb di knalpot motor trail biasanya untuk membuat tarikan mesin di putaran dasar lebih galak ataupun lebih bertenaga.

” Jika di NMAX ini gunanya hanya untuk membuat gas sisa pembakaran lebih ramah lingkungan,” yakin M. Abidin pada saat ditemui di kegiatan peluncuran NMAX baru.

Walaupun terdapat penambahan catalytic converter yang nampak besar di leher knalpot, All New Yamaha NMAX yang dijual di Indonesia ternyata masih gunakan standar emisi EURO 3.

 

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter

 
Chat via Whatsapp